UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI (SENSING) MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERYPADA ANAK KELOMPOK B1 TK BATIK PPBI YOGYAKARTA

Nurul Halimah, (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI (SENSING) MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERYPADA ANAK KELOMPOK B1 TK BATIK PPBI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
nurul h.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengamati (sensing) melalui penggunaan metode Discovery pada anak kelompok B1 TK Batik PPBI Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)modelKemmis dan McTaggart yang dimodifikasi oleh peneliti.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 sejumlah 18anak yaitu 6 anak laki-laki dan 12 anak perempuan.Objek penelitian berupa keterampilan mengamati (sensing) antara lain kemampuan mencium, mendengar, dan meraba. Metode pengumpulan data menggunakanobservasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengamati (sensing) anak kelompok B1 TK Batik PPBIYogyakarta. Pada siklus Inilai rata-rata kemampuan menciummengalami peningkatan sebesar 3,8 dari kondisi awal 3,8 meningkat menjadi 7,6 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,3 dari siklus I 7,6 meningkat menjadi 8,9. Kemampuan mendengar pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 3,5 dari kondisi awal 4,5 meningkat menjadi 8,0 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,1 dari siklus I 8,0 meningkat menjadi 9,1. Kemampuan meraba pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 4,4 dari kondisi awal 4,4 meningkat menjadi 8,8 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,6 dari siklus I 8,8 meningkat menjadi 9,4.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwametode Discovery dapat meningkatkan keterampilan mengamati (sensing) pada anak TK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2013 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 18:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item