PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Muhammad, Khoiruddin (2013) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Robotika terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Teknik Audio Video, pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Teknik Audio Video. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah Siswa Pengurus Organisasi Ekstrakurikuler Robotika di SMK N 3 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Disiplin Belajar Siswa yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Robotika dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Teknik Audio Video. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data, uji linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama menggunakan korelasi Non Parametrik Rank Spearman, sedangkan untuk pengujian hipotesis kedua menggunakan korelasi regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Robotika terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Teknik Audio Video. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi rho hitung sebesar 0,462, rho tabel sebesar 1,647, z hitung sebesar 3,31 lebih besar dari z tabel sebesar 1,54 ; (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Teknik Audio Video. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi r hitung sebesar 0,064 dari r tabel 0,27 , t hitung sebesar 0,459 lebih kecil dari t tabel sebesar 1.991.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 28 Aug 2013 07:56
Last Modified: 29 Jan 2019 18:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item