PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DI TK ABA GLODOGAN 1 KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN

Muji Rahayu, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DI TK ABA GLODOGAN 1 KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
muji.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun menggunakan media kartu huruf di TK ABA Golodogan 1 Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK ABA Glodogan 1 Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten berjumlah 26 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Glodogan Kecamatan Klaten Kabupaten Klaten. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan membaca permulaan yang telah dilaksanakan pada akhir pertemuan kedua siklus 1, diketahui bahwa pada indikator mengeja huruf, anak yang memenuhi skor 3 (lancar) ada 14 anak (53,85%). Pada indikator menyusun huruf, anak yang memenuhi skor 3 (lancar) mencapai 13 anak (50%). Pada indikator membaca huruf, anak yang memenuhi skor 3 (lancar) mencapai 12 anak (46,15%). Pertemuan akhir siklus 2, diketahui bahwa pada indikator mengeja huruf, anak yang memenuhi skor 3 (lancar) mencapai 25 anak (96,15%). Pada indikator menyusun huruf, anak yang memenuhi skor 3 (lancar) mencapai 25 anak (96,15%). Pada indikator membaca huruf, anak yang memenuhi skor 3 (lancar) mencapai 24 (92,31%). Kata kunci: membaca permulaan, kartu huruf, TK ABA Glodogan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2013 06:04
Last Modified: 29 Jan 2019 18:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10644

Actions (login required)

View Item View Item