UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MELIPAT, MENGGUNTING DAN MENEMPEL) PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA KARANG KALASAN

Kyky Julianti Setyaningrum, (2013) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MELIPAT, MENGGUNTING DAN MENEMPEL) PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA KARANG KALASAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
kyky2.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus menggunakan teknik 3M (melipat, menggunting, dan menempel) pada anak kelompok A di TK ABA Karang Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK ABA Karang Kalasan yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei tahun pelajaran 2012-2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi kemampuan motorik halus pada Pra Tindakan, 4 anak dari 19 anak atau 21,05% masuk dalam kriteria baik, 7 anak dari 19 anak atau 36,84% masuk dalam kriteria cukup, dan 8 anak dari 19 anak atau 42,11% masuk dalam kriteria kurang baik. Pada siklus satu 7 anak dari 19 anak atau 36,83% masuk dalam kriteria baik, 8 anak dari 19 anak atau 42,10% anak masuk dalam kriteria cukup dan 4 anak dari 19 atau 21,05% anak masuk dalam kriteria kurang. Pada siklus dua 17 anak dari 19 anak atau 89,47% masuk dalam kriteria baik, 1 anak dari 19 anak atau 5,26 % masuk dalam kriteria cukup dan 1 dari 19 anak atau 5,26% masuk dalam kriteria kurang. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan dengan teknik 3M (melipat, menggunting dan menempel) dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, (2) memberikan contoh kegiatan yang akan dilakukan, (3) membagikan alat dan bahan yang akan digunakan, (4) anak diperkenankan membuat karya sesuai dengan contoh yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Aug 2013 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 18:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10641

Actions (login required)

View Item View Item