PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL TUGAS AKHIR SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Arif Cahyo, Purnomo (2013) PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL TUGAS AKHIR SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Seberapa Besar Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Program Produktif terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. (2). Pengaruh Kreativitas Siswa terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. (3) Seberapa Besar Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Program Produktif dan Kreativitas Siswa secara bersama-sama Terhadap Hasil Tugas Akhir siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video Elektronika tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 69 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 36 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5% dan mencari besar sumbangan efektif atau relatif dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif Prestasi Belajar Mata Pelajaran Program Produktif terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx1y (0,262) lebih besar dari rtabel (0,235) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh positif Kreativitas Siswa terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx1y (0,290) lebih besar dari rtabel (0,235) pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Prestasi Belajar Mata Pelajaran Program Produktif dan Kreativitas Siswa secara bersama-sama terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga Ry(1,2) (0,376) lebih besar dari rtabel (0,235) pada taraf signifikansi 5%, dan ditunjukan dengan f hitung yaitu sebesar 5,424 lebih besar dari f tabel 3,14 pada taraf sinifikansi 5%. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,141 berarti sumbangan efektif (SE) adalah 14,1% dengan rincian Prestasi Belajar Mata Pelajaran Program Produktif 6,299% dan dari Kreativitas Siswa 7,8001%. Sedangkan besarnya sumbangan relatif (SR) yang diperoleh dari Prestasi Belajar Mata Pelajaran Program Produktif 44,68 % dan dari Kreativitas Siswa 55,32%. Kata Kunci: mata pelajaran program produktif, kreativitas siswa, dan tugas akhir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 26 Jul 2013 04:09
Last Modified: 29 Jan 2019 18:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item