EVALUASI SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN BERDASARKAN PERMENDIKNAS NO. 40 TAHUN 2008

M. Soegiarto, Soegiarto (2013) EVALUASI SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN BERDASARKAN PERMENDIKNAS NO. 40 TAHUN 2008. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7.Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian standar minimal sarana ruang laboratorium komputer yang ditinjau dari prabot ruang laboratorium komputer, peralatan pendidikan ruang laboratorium komputer, media pendidikan ruang laboratorium komputer, dan perlengkapan lain laboratorium komputer. Tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui ketercapaian standar minimal prasarana laboratorium komputer yang ditinjau dari kapasitas peserta didik, luas ruang laboratorium komputer, rasio luas ruang laboratorium per peserta didik, lebar ruang laboratorium komputer, dan luas ruang penyimpanan serta perbaikan laboratorium komputer. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru praktik komputer dan siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah sarana dan prasarana yang dialokasikan pada laboratorium komputer SMK Muhammadiyah Prambanan. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen non test yang digunakan pada saat observasi dengan skala p enilaian model rating scale. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan berdasarkan PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian standar minimal sarana dan prasarana SMK Muhammadiyah Prambanan berdasarkan PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 ditinjau dari beberapa aspek yang ada didalam sarana dan prasarana, untuk aspek peralatan pada ruang laboratorium komputer belum memenuhi standar minimal sarana dan prasarana, karena hanya mencapai 58,33% kriteria standar yang terpenuhi, begitu pula untuk aspek perabot ruang laboratorium komputer hanya mencapai 70,45% dari standar minimum yang ditetapkan. Kata kunci: Standar minimum sarana dan prasarana laboratorium komputer SMK, Sarana dan Prasarana, Laboratorium Komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 26 Jul 2013 04:03
Last Modified: 29 Jan 2019 18:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item