PROTOTYPE SORTING STATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PLC PADA MATA DIKLAT PERAKITAN DAN PENGOPERASIAN SISTEM KENDALI DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Anindyo , Pradipto (2013) PROTOTYPE SORTING STATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PLC PADA MATA DIKLAT PERAKITAN DAN PENGOPERASIAN SISTEM KENDALI DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal skripsi Anindyo.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PLC berbentuk prototype sorting station pada mata diklat perakitan dan pengoperasian sistem kendali, mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan sebagai media pembelajaran PLC, dan mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran prototype sorting station dengan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan subjek penelitian kelas XI TITL 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TITL 4 sebagai kelas eksperimen. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan tes. Produk yang telah dinyatakan layak selanjutnya diimplementasikan sebagai media pembelajaran untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Control Group Post Test Only Eksperimental Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembuatan media prototype sorting station dilakukan melalui beberapa tahap yaitu, analisis, perencanaan, dan pengembangan, (2) tingkat kelayakan produk sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,22 dengan kategori “sangat baik”, penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,32 dengan kategori “sangat baik”, penilaian oleh guru mendapatkan skor rata-rata 4,64 dengan kategori ”sangat baik”, dan penilaian siswa mendapatkan skor rata-rata 4,28 dengan kategori “sangat baik”, (3) hasil uji-t terhadap data post test kelas kontrol dan eksperimen dengan db = 52 dan taraf signifikan 5% menyatakan t-hitung > t-tabel (2,738 > 2,006) dan signifikansi (0,008 < 0,05), artinya terdapat perbedaan secara signifikan rata-rata nilai prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini juga ditunjukkan dari hasil rata-rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 80,42 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 75,18, dengan demikian prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran prototype sorting station lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 25 Jul 2013 03:25
Last Modified: 25 Jul 2013 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10625

Actions (login required)

View Item View Item