HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KONSENTRASI PATISERI SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL

ERMA, LESTARI (2013) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KONSENTRASI PATISERI SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Erma Lestari..^_^v...pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa; (2) prestasi belajar siswa ditinjau dari normatif, adaptif dan kompetensi kejuruan; (3) hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa ditinjau dari normatif, adaptif dan kompetensi kejuruan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2013-Mei 2013 di SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Jenis penelitian adalah survey dan populasi penelitian adalah siswa konsentrasi Patiseri sebanyak 83 siswa. Penentuan ukuran sampel menurut Isaac dan Maichael dengan taraf kesalahan 5% sehingga didapat 65 siswa dengan teknik random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data secara deskriptif, uji prasyarat dan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 13,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pada siswa konsentrasi Patiseri SMK Negeri 1 Sewon Bantul dari data siswa dalam kategori pola asuh demokratis sebanyak 62 siswa (95,4%), sedangkan hasil dari data orang tua semua dalam kategori demokratis sebanyak 65 orang (100%). (2) Prestasi belajar siswa konsentrasi Patiseri ditinjau dari 3 (tiga), yaitu normatif, adaptif dan kompetensi kejuruan. Prestasi belajar normatif dalam kategori sedang sebanyak 41 siswa (63,1%), prestasi belajar adaptif dalam kategori sedang sebanyak 42 siswa (64,6%), dan prestasi belajar kompetensi kejuruan dalam kategori sedang sebanyak 42 siswa (64,6%). (3) Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa konsentrasi Patiseri SMK Negeri 1 Sewon Bantul pada pola asuh otoriter dengan prestasi belajar normatif mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 14,1%, pola asuh otoriter dengan prestasi belajar adaptif mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 10%, pola asuh otoriter dengan prestasi belajar kompetensi kejuruan mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 11,9%. Pola asuh demokratis dengan prestasi belajar normatif mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 27,9%, pola asuh demokratis dengan prestasi belajar adaptif mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 28,3%, pola asuh demokratis dengan prestasi belajar kompetensi kejuruan mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 29,4%. Pola asuh permisif dengan prestasi belajar normatif mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 13%, pola asuh permisif dengan prestasi belajar adaptif mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 14,2%, pola asuh permisif dengan prestasi belajar kompetensi kejuruan mempunyai hubungan positif dan signifikan sebesar 16,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 02:15
Last Modified: 29 Jan 2019 18:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item