PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “STAD” DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL PADA SISWA KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Ratna Eka , Febriana (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “STAD” DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL PADA SISWA KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui penerapan model pembelajaran tipe STAD dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pengolahan makanan kontinental; (2) meningkatkan keaktifan siswa kelas X jasa boga SMK Negeri 4 Yogyakarta pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Januari 2013 hingga Februari 2013. Subyek penelitian ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 34 siswa kelas X Jasa Boga SMKN 4 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) penerapan model pembelajaran STAD dalam pencapaian pemahaman siswa pada mata pelajaran pengolahan makanan kontinental, siklus I pemahaman materi siswa memiliki rata – rata kelas 7.65 dan meningkat pada siklus II rata – rata kelas yaitu 8.92.; (2) keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada siklus I keaktifan siswa dalam kelompok sebesar 60.41% dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 84,86%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 18:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item