Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Semester Gasal Jurusan Teknik Audio Video SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Pandu, Soliwunto (2013) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Semester Gasal Jurusan Teknik Audio Video SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK - INDO.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua baik secara terpisah, maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa semester gasal jurusan teknik audio video di SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di jurusan teknik audio video di SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta. Variabel penelitian adalah kemandirian belajar (X1), perhatian orang tua (X2) dan prestasi belajar produktif (Y). Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan analisis deskriptif dan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi product moment dan teknik analisis Regresi Ganda 2 Prediktor. Hasil penelitian menunjukkan : 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Produktif siswa semester gasal jurusan teknik audio video di SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal ini diitunjukkan dengan koefisien korelasi Rx1y sebesar 0,694, Sedang koefisien determinan sebesar 0,482 atau sebesar 48,2 %, rhitung : 0,694 > rtabel : 0,244 dan diperoleh persamaan Y = 0,461X1 + 64,235, 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Produktif siswa semester gasal jurusan teknik audio video di SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi Rx2y sebesar 0,521. Koefisien determinan sebesar 0,271 atau sebesar 27,1 %, rhitung : 0,521 > rtabel : 0,244 dan diperoleh persamaan Y = 0,303X2 + 71,645, 3). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kemandirian belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Produktif siswa semester gasal jurusan teknik audio video di SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Rx1x2y sebesar 0,774, Rx1x2y 2 sebesar 0,599 dan Fhitung sebesar 45,47 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,14 pada taraf signifikansi 5% dengan db 2:64, sumbangan efektifnya adalah 59,9 % dan persamaan garis regresi Y = 0,396X1 + 0,206X2+ 58,27. Kata Kunci : kemandirian belajar, perhatian orang tua dan prestasi belajar produktif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Jul 2013 02:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10612

Actions (login required)

View Item View Item