Rancang Bangun Pendeteksi Luapan Sungai Menggunakan Sensor Basah Memanfaatkan Media Teknologi Informasi VIA SMS Melalui Jaringan GSM Berbasisi Mikrokontroler ATmega8535

Nanang, Kurniawan (2013) Rancang Bangun Pendeteksi Luapan Sungai Menggunakan Sensor Basah Memanfaatkan Media Teknologi Informasi VIA SMS Melalui Jaringan GSM Berbasisi Mikrokontroler ATmega8535. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan proyek akhir(1).pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan alat ini adalah menghasilkan desain sistem pendeteksi bencana alam luapan sungai berbasis mikrokontroler ATmega8535 menggunakan sensor basah, mengetahui unjuk kerja sistem pendeteksi bancana luapan sungai dilengkapi dengan media informasi melalui pesan teks lewat handphone seluler, penangulangan bencana luapan sungai berbasis mikrokontroler ATmega8535 menggunakan sensor basah. Metode yang digunakan dalam pembuatan proyek akhir ini menggunakan metode rancang bangun. Tahapan dari metode tersebut adalah (1) Identifikasi Kebutuhan, (2) Analisis Kebutuhan, (3) Perancangan, (4) Pembuatan, dan (5) Pengujian. Rangkaian dari sistem ini terdiri dari beberapa blok, yaitu (1) sistem minimum ATmega8535,(2) rangkaian komparator sensor basah, (3) rangkaian alarm, (4) MAX232, (5) WavecomM1206B Q2403A Secara keseluruhan kinerja alat telah menunjukkan hasil sesuai dengan rancangan, yaitu pada saat debit air naik maka secara otomatis akan mengirimkan informasi VIA Sms ke Handphone penduduk di sekitarbantaran sungai dan akan ditampilkan menggunakan LCD. Jika terjadi kenaikan debit air diatas batasan normal baik waspada maupun siaga maka secara bersamaan akan terlihat pada layar LCD, alarm hidup dan relay akan berbunyi dan langsung mengirimkan informasi menggunakan modem wavecom Q2403A ke semua handphone penduduk.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 17 Jul 2013 07:04
Last Modified: 29 Jan 2019 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10600

Actions (login required)

View Item View Item