PENGARUH GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR-DASAR PEKERJAAN BENGKEL ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013

Rojib Febrian, Hariadi (2013) PENGARUH GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR-DASAR PEKERJAAN BENGKEL ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Pekerjaan Bengkel Elektronika, (2) mengetahui pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Pekerjaan Bengkel Elektronika, (3) mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Pekerjaan Bengkel Elektronika, (4) mengetahui pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Pekerjaan Bengkel Elektronika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dan merupakan penelitian populasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pengasih, Kulonprogo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha. Analisis regresi satu prediktor digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel bebas secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara ketiga variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat digunakan teknik analisi regresi ganda tiga prediktor. Sebelum analisis data dilakukan, terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari gaya belajar visual terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Pekerjaan Bengkel Elektronika dengan nilai r sebesar 0,418, terdapat pengaruh positif dari gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Pekerjaan Bengkel Elektronika dengan nilai r sebesar 0,278, terdapat pengaruh positif dari gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Pekerjaan Bengkel Elektronika dengan nilai r sebesar 0,426, terdapat pengaruh positif dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Dasardasar Pekerjaan Bengkel Elektronika yang ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,547. Berdasarkan nilai R2 sebesar 0,299 diketahui bahwa prestasi belajar Dasardasar Pekerjaan Bengkel Elektroika dipengaruhi sebesar 29,9% oleh variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Kata kunci: Gaya Belajar, Pretasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 16 Jul 2013 07:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10597

Actions (login required)

View Item View Item