PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR MATA DIKLAT ELEKTRONIKA DIGITAL DASAR KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION ( STAD ) DI SMK NU PAMOTAN

Enny, Latifah (2013) PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR MATA DIKLAT ELEKTRONIKA DIGITAL DASAR KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION ( STAD ) DI SMK NU PAMOTAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa kelas X AV SMK NU Pamotan dalam pembelajaran Elektronika Digital Dasar melalui pembelajaran kooperatif Student Team Achivement Division ( STAD ) ditinjau dari hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan menerapkan STAD melalui tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X AV SMK NU Pamotan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami penurunan tetapi kemudian mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 68,75% (22 siswa) kemudian menurun menjadi 59,38% (19 siswa) pada siklus II, dan meningkat menjadi 84,47% (27 siswa) pada siklus III dengan indikator ketercapaian hasil belajar melebihi dari yang ditetapkan yaitu 70% dari keseluruhan siswa dengan mendapat nilai minimal 75. Keaktifan siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan pada setiap siklus. Keaktifan siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (26,25%) , siklus II (51,52%), dan siklus III (72,5%). Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok mengalami peningkatan dari siklus I (30,21%), siklus II (59,38%) dan siklus III (80,21%). Keaktifan siswa dalam presentasi kelas mengalami peningkatan dari siklus I (14,58%), siklus II (36,46%) dan siklus III (61,46%). Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif STAD mengalami peningkatan dari siklus I (36,46%), siklus II (59,38%) dan siklus III (85,42%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas X AV SMK NU Pamotan mata diklat Elektronika Digital Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan indikator ketercapaian prestasi belajar siswa 70% dari keseluruhan siswa serta meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Peningkatan Penguasaan Konsep, Digital Dasar, Pembelajaran Kooperatif STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 16 Jul 2013 00:56
Last Modified: 29 Jan 2019 18:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10596

Actions (login required)

View Item View Item