“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PELAJARAN WEB DESAIN DI SMK NEGERI 1 NGAWEN ”

Tomy, Setyawan (2013) “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PELAJARAN WEB DESAIN DI SMK NEGERI 1 NGAWEN ”. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi-tomy setyawan-09520244008(1).pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektivitas metode pembelajaran brainstorming dibanding metode pembelajaran TCL yang digunakan pada pelajaran web desain ditinjau dari hasil belajar siswa kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ngawen. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental The Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 37 soal. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan TKJ dan kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI TI C dan XI TI B. Analisis data untuk menguji hasil penelitian menggunakan deskriptif, normalitas, homogenitas, dan independent samples t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan efektivitas metode pembelajaran brainstorming dibanding metode pembelajaran TCL yang digunakan pada pelajaran web desain ditinjau dari hasil belajar siswa kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ngawen; hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-hitung = 4,037 dan ditetapkan oleh peneliti t-tabel = 1,990, diperoleh t-hitung > t-tabel (4,037 > 1,990) menunjukan kedua kelompok data berbeda secara signifikan. Efektivitas metode pembelajaran brainstorming lebih tinggi dibanding metode pembelajaran TCL yang digunakan pada pelajaran web desain ditinjau dari hasil belajar siswa kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ngawen; hal ini dibuktikan dari perhitungan hasil belajar siswa (nilai gain), dimana mean gain kelas eksperimen = 0,5531 dan mean gain kelas kontrol = 0,3669, diperoleh mean gain kelas eksperimen > mean gain kelas kontrol (0,5531 > 0,3669) menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran brainstorming lebih tinggi dibanding metode pembelajaran TCL. Kata Kunci : Brainstorming, TCL (Teacher Centered Learning), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 11 Jul 2013 03:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item