PENGEMBANGAN MODUL GAMBAR TEKNIK KOMPUTER (GTK) UNTUK PEMBELAJARAN SOFTWARE EAGLE 5.11 DI SMK MUDA PATRIA KALASAN YOGYAKARTA

Yudi, Pradana (2013) PENGEMBANGAN MODUL GAMBAR TEKNIK KOMPUTER (GTK) UNTUK PEMBELAJARAN SOFTWARE EAGLE 5.11 DI SMK MUDA PATRIA KALASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yudi_09502244002.PDF - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk membuat modul praktikum berisikan simulasi sesuai kompetensi dasar, mengetahui mekanisme dan mengetahui kelayakan modul praktikum beserta buku pedoman software eagle untuk siswa kelas XI di SMK Muda Patria kalasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan Sugiyono. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap, yaitu: Tahap pengembangan materi (1) Identifikasi tujuan, (2) Analisis, (3) Review instruksional, (4) Kompetensi dasar, (5) Mengembangkan kriteria. Tahap pembuatan simulasi (1) Analisis, (2) Desain, (3) Implementasi, dan (4) Pengujian. Tahap pengembangan materi dan pembuatan simulasi menghasilkan modul praktikum sedangkan buku pedoman merupakan cara pengoperasian software eagle. Obyek penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis komputer dengan memanfatkan software eagle dilengkapi dengan modul praktikum dan buku pedoman. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dialakukan melalui angket. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran melalui beberapa tahap, Dari uji kelayakan yang dikembangkan media pembelajaran mendapatkan persentase total dari ahli materi 1 (95.00 %) ,ahli materi 2 (93.75 %), ahli media 1 (92.21 %), ahli media 2 (96.00 %) dan hasil yang didapatkan dari siswa diperoleh persentase total (89.27 %) Persentase yang didapat dari ahli materi, ahli media dan siswa tersebut mengindikasikan media pembelajaran berbantuan komputer dengan memanfaatkan eagle yang dilengkapi modul praktikum dan buku pedoman yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran mata pelajaran gambar teknik komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Software Eagle, Pengembangan modul, Gambar Teknik Komputer
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 09 Jul 2013 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item View Item