PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN PERSEPSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PERSEPSI KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Rizki, Mubarak (2013) PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN PERSEPSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PERSEPSI KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09502241030_ABSTAK & ABSTRACT.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif berpengaruh terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video SMKN 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013; (2) pengaruh persepsi nilai pendidikan berkarakter siswa dalam pembelajaran terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video SMKN 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013; (3) pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif dan persepsi pendidikan berkarakter siswa dalam pembelajaran secara bersama - sama berpengaruh terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video SMKN 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, dengan jumlah 65 siswa dari kelas XII Teknik Audio Video SMKN 2 Klaten. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan data dokumen rapot hasil belajar. Validitas instrument di uji menggunakan expert judgement dan uji empiris menggunakan korelasi Product Moment. Reabilitas instrument di uji menggunakan rumus Alpha cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar mata pelajaran produktif berpengaruh terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video SMKN 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan oleh nilai t hitung 2,215 lebih besar dari t tabel 1,671 dan koefisien korelasi (rx1,y) sebesar 0,269, koefisien determinasi (r- 2 x1,y) 0,072 (2) persepsi nilai pendidikan karakter siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video SMKN 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan nilai t hitung 9,812 lebih besar dari t tabel (5%) 1,671 dan koefisien korelasi (rx2,y) sebesar 0,757, koefisien determinasi (r2 x2,y) sebesar 0,572 (3) prestasi belajar mata pelajaran produktif dan persepsi nilai pendidikan karakter siswa secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video SMKN 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan nilai F hitung 46,202 lebih besar dari F tabel (5%) 3,150 dan koefisien korelasi (ry12) sebesar 0,774, koefisien determinasi (r2 y12) sebesar 0,598. Kata Kunci : Persepsi Nilai Pendidikan Karakter Siswa, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif, Persepsi Kesiapan Kerja Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 20 Jun 2013 04:29
Last Modified: 29 Jan 2019 18:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item