GAME TEBAK GAMBAR BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

Sri Esti , Setianingsih (2013) GAME TEBAK GAMBAR BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan Game Tebak Gambar Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Game ini berisi tentang kosakata bahasa Inggris untuk siswa kelas IV, yang diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar mengenal kosakata bahasa Inggris. Game ini dikembangkan dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Lee dan Owen. Tahapan dalam penelitian ini meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan penilaian. Tahap analisis dibagi menjadi dua bagian yaitu needs assessment dan front-end analysis. Needs assessment untuk mengumpulkan data keseluruhan, front-end analysis untuk menganalisis semua data yang telah terkumpul. Analisisnya antara lain audience analysis, technology analysis, media analysis dan extant-data analysis. Tahap desain terdiri dari material collecting, pembuatan storyboard dan pembuatan flowchart. Tahap pengembangan terdiri dari pembuatan game, validasi ahli dan revisi. Sebelum melakukan validasi ahli, dilakukan pengujian awal menggunakan metode black box testing untuk mengetahui kesalahan yang terdapat pada game. Validasi ahli dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, pengujian ini disebut sebagai alpha testing. Tahap implementasi merupakan tahap pengujian terhadap pengguna (siswa) atau dikenal dengan istilah beta testing. Pengujian dilaksanakan di SD N Caturtunggal 7 dengan melibatkan 33 siswa kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mengubah skor total penilaian ke dalam interval persentase kelayakan. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 85,75% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian dari ahli materi sebesar 86,25% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil analisis data yang diperoleh pengujian lapangan (beta testing) oleh siswa sebesar 83,72%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game tebak gambar bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar kelas IV layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2013 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 18:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10558

Actions (login required)

View Item View Item