Esnni Dwi, Astuti (2013) AFILIASI GAYA BELAJAR, SELF REGULATED LEARNING, DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar, mengetahui hubungan antara self regulated learning terhadap prestasi belajar, mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar, serta untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar, self regulated learning, dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 206 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Propotional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pengambilan data gaya belajar, self regulated learning, dan pola asuh orang tua adalah dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan empat skala likert. Sedangkan data prestasi belajar di ambil dari rata-rata nilai raport semester gasal. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta denagn nilai koefisien korelasi sebesar 0,500. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,472. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,281. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar, self regulated learning, dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,534 dan nilai koefisien determinan sebesar 0,286. Kata kunci: gaya belajar, self regulated learning, pola asuh orang tua, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 18 Jun 2013 03:07 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |