PENINGKATAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT TEAMS GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEPUTRAN A YOGYAKARTA

Nugrahani, Zepty Dyah (2013) PENINGKATAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT TEAMS GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEPUTRAN A YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zepty Dyah Nugrahani.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat siswa terhadap pembelajaran IPA melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) menggunakan teka-teki silang pada siswa kelas V SD Negeri Keputran A Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dari penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Keputran A Yogyakarta, dengan jumlah 29 siswa terdiri dari 14 siswa putri dan 15 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket siswa, observasi minat siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta tes hasil belajar siswa. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstrak dengan Expert Judgement. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan melalui implementasi menggunakan model pembelajaran TGT dengan tahapan sebagai berikut. Tahap pertama yaitu presentasi kelas; guru menjelaskan materi IPA dengan bantuan media gambar yang menarik. Tahap kedua yaitu aktivitas kelompok; siswa secara berkelompok menyelesaikan lembar kerja siswa. Tahap ketiga yaitu permainan; setiap kelompok bermain teka-teki silang. Tahap keempat yaitu turnamen; guru membagikan soal tes secara individu. Tahap kelima yaitu penghargaan; guru mengumumkan hasil perolehan skor masing-masing kelompok dengan pemberian penghargaan. Hasil minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 67,6% (19 siswa) dikatakan berminat tinggi pada siklus ke-1 menjadi 89,0% (26 siswa) dikatakan berminat sangat tinggi pada siklus ke-2. Kriteria keberhasilan minat belajar pada siklus ke-2 sudah mencapai 70% sehingga siklus ini dihentikan. Kata kunci : Minat, Pembelajaran IPA, TGT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2013 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item