PENGARUH PRESTASI BELAJAR KEJURUAN, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN BEWIRAUSAHA SISWA BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 3 YOGYAKARTA

Reksa , Negara (2013) PENGARUH PRESTASI BELAJAR KEJURUAN, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN BEWIRAUSAHA SISWA BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan prestasi belajar kejuruan, pengetahuan kewirausahaan dan soft skills terhadap kesiapan berwirausaha siswa bidang keahlian teknik pemesinan di SMKN 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ekspost-facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hal tersebut dikarenakan penelitian ini dilakukan guna mengungkap kejadian yang telah lalu (berlangsung). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII bidang keahlian teknik pemesinan di SMKN 3 Yogyakarta, sedangkan sampelnya adalah 95% dari seluruh siswa kelas XII bidang keahlian teknik pemesinan di SMKN 3 Yogyakarta yaitu sebesar 89 orang. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Dengan demikian, seluruh populasi dianggap memiliki keadaan yang homogen. Untuk mengukur prestasi belajar kejuruan dilakukan dengan dokumentasi, sedangkan untuk pengukuran tingkat kesiapan berwirausaha siswa, pengetahuan kewirausahaan dan soft skills dilakukan dengan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel prestasi belajar kejuruan dan pengetahuan kewirausahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan berwirausaha siswa. Hal tersebut juga berlaku dimana variabel prestasi belajar kejuruan, pengetahuan kewirausahaan dan soft skills secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan berwirausaha. Sedangkan variabel soft skills memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan berwirausaha siswa bidang keahlian teknik pemesinan di SMKN 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 01:02
Last Modified: 29 Jan 2019 18:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10532

Actions (login required)

View Item View Item