PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Aniza , Rahayu (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
JURNAL. ANIZA RAHAYU (08513241031).pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan metode team quiz pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan sesuai prosedur penelitian sebagai berikut: “Perencanaan-Tindakan dan Pengamatan-Refleksi”. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Rini Yogyakarta dengan subjek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian pada kelas X karena nilai rata-rata kelas masih rendah dibanding kelas yang lain. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Uji validitas berdasarkan judgement expert dan tes menggunakan point biserial. Uji reliabilitas lembar observasi menggunakan antar rater dan tes menggunakan KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode team quiz pada materi menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet siklus pertama 83,3% berhasil. Masih ada kekurangan pada siklus pertama sehingga dilakukan perbaikan pada siklus kedua dengan ketercapaian 97,2% berhasil. Kegiatan yang dilakukan adalah: 1) Perencanaan dilakukan oleh guru berkolaborasi dengan peneliti. 2) Tindakan menggunakan metode team quiz sesuai sintak dan pengamatan terhadap proses pembelajaran serta hasil belajar siswa. 3) Refleksi dilakukan pengamatan dan perbaikan metode team quiz pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Hasil belajar ranah kognitif sebelum dikenai tindakan pada pra siklus rata-rata kelas 64,5, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama hasil belajar siswa meningkat 12,9% dengan rata-rata kelas 72,25, dilakukan perbaikan pada siklus kedua hasil belajar siswa meningkat 13,3% dengan rata-rata kelas 81,25. Peningkatan ranah afektif mencapai 17,6% dari siklus pertama rata-rata kelas 72 ke siklus kedua rata-rata kelas 85. Peningkatan ranah psikomotor mencapai persentase 15,81% dari siklus pertama rata-rata kelas 71 ke siklus kedua rata-rata kelas 81. Hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan persentase 100% siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Uraian di atas menunjukkan bahwa penggunaan metode team quiz dapat diterapkan pada mata pelajaran kewirausahaan dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 12 Jun 2013 00:39
Last Modified: 12 Jun 2013 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10526

Actions (login required)

View Item View Item