PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR PENGOLAHAN UNGGAS DAGING DAN SEAFOOD DI SMKN 3 WONOSARI

SOFIA, IMTIKHANA (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR PENGOLAHAN UNGGAS DAGING DAN SEAFOOD DI SMKN 3 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
jurnal sofi.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Pengembangan modul yang baik untuk pembelajaran Kompetensi Dasar Pengolahan Unggas, Daging dan Seafood (2). Pencapaian kompetensi kognitif siswa pada Kompetensi Dasar Unggas, Daging dan Seafood sebelum pembelajaran pada kelompok kontrol (3). Pencapaian kompetensi kognitif siswa pada Kompetensi Dasar Pengolahan Unggas, Daging dan Seafood setelah pembelajaran pada kelompok kontrol. (4). Pencapaian kompetensi kognitif siswa pada Kompetensi Dasar Pengolahan Unggas, Daging dan Seafood sebelum menggunakan modul pembelajaran pada kelompok eksperimen.(5). Pencapaian kompetensi kognitif siswa pada Kompetensi Dasar Pengolahan Unggas, Daging dan Seafood setelah menggunakan modul pembelajaran pada kelompok eksperimen. (6). Efektivitas penggunaan media pembelajaran modul terhadap peningkatan kompetensi kognitif siswa pada Kompetensi Dasar Pengolahan Unggas, Daging dan Seafood. Jenis penelitian yaitu Research and Development. Tempat dan waktu Penelitian di SMKN 3 Wonosari pada bulan November 2012 sampai April 2013. Subjek penelitian kelas XI Tata Boga SMK Negeri 3 Wonosari berjumlah 61 siswa, dan dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI Tata Boga 1 kelas eksperimen dan kelas XI Tata Boga 2 kelas kontrol diambil secara random sampling. Metode pengumpulan data adalah tes kognitif. Uji validitas instrumen tes menggunakan program Iteman dengan hasil 40 butir soal yang valid dan 10 butir soal gugur dari 50 butir soal. Nilai reliabilitas alpha 0,879. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan modul yang baik untuk pembelajaran Pengolahan Unggas, Daging dan Seafood yaitu modul yang memiliki desain sampul dan tampilan yang menarik, gambar yang jelas tinggi, dan materi yang dapat mempermudah pemahaman siswa.(2) Pencapaian kompetensi kognitif siswa sebelum pembelajaran pada pretest kontrol nilai rerata 5,3167 standar deviasi 1,81105. (3). Pencapaian kompetensi kognitif siswa pada kompetensi dasar pengolahan unggas, daging dan seafood setelah pembelajaran pada post test kontrol nilai rerata 5,5917 standar deviasi 1,50356 dan terdapat peningkatan sebesar 0,275. (4). Pencapaian kompetensi kognitif siswa pada kompetensi dasar pengolahan unggas, daging dan seafood sebelum menggunakan modul pembelajaran pada pretest eksperimen nilai rerata 5,5161 standar deviasi 1,63419. (5). Pencapaian kompetensi kognitif siswa pada kompetensi dasar pengolahan unggas, daging dan seafood pada post test eksperimen nilai reratanya 7,6371 standar deviasi 1,40511. (6) Efektivitas modul dilihat pada peningkatan pencapaian kompetensi kognitif sebesar 2,121.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 01:32
Last Modified: 29 Jan 2019 18:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item