PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT MEMILIH KOMPETENSI KEAHLIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK 1 PUNDONG

Agus , Sukirno (2013) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT MEMILIH KOMPETENSI KEAHLIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK 1 PUNDONG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari: (1) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMK 1 Pundong, (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK 1 Pundong, (3) minat memilih kompetensi keahlian terhadap prestasi belajar siswa SMK 1 Pundong, (4) lingkungan keluarga, motivasi belajar, dan minat siswa memilih kompetensi keahlian secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar siswa SMK 1 Pundong. Jenis penelitian adalah expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu Lingkungan keluarga, motivasi belajar, minat memilih kompetensi keahlian sebagai variable bebas, dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikatnya. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa dan sampel berjumlah 58 siswa dengan teknik simple random sampling yang berasal dari siswa teknik instalasi tenaga listrik kelas X di SMK 1 Pundong. Data dianalisis dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi 5% terdapat pengaruh positif dan signifikan dari: (1) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMK 1 Pundong yang ditunjukkan dengan nilai thitung 6,128 > ttabel 2,668, (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar SMK 1 Pundong yang ditunjukkan dengan nilai thitung 9,016 > ttabel 2,668, (3) minat memilih kompetensi keahlian terhadap prestasi belajar siswa SMK 1 Pundong yang ditunjukkan dengan nilai thitung 8,276 > ttabel 2,668. (4) lingkungan keluarga, motivasi belajar dan minat memilih kompetensi keahlian bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK 1 Pundong yang ditunjukkan harga Fhitung 14,20 > Ftabel 2,78 dan sumbangan efektif sebesar 7,27%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 27 May 2013 01:23
Last Modified: 27 May 2013 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10493

Actions (login required)

View Item View Item