Perbedaan Peningkatan Pengetahuan Membuat Produk Kue Patiseri Dari Adonan Cair Antara Metode Pembelajaran Kooperatif TS-TS (Two Stay Two Stray) Dengan Ceramah Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta

Endah Ayu Pradanawati, Sulistyorani (2013) Perbedaan Peningkatan Pengetahuan Membuat Produk Kue Patiseri Dari Adonan Cair Antara Metode Pembelajaran Kooperatif TS-TS (Two Stay Two Stray) Dengan Ceramah Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Jurnal Endah.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Peningkatan pengetahuan membuat produk kue patiseri dari adonan cair pada peserta didik kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta yang mendapat perlakuan metode kooperatif TS-TS (two stay two stray). 2) Peningkatan pengetahuan membuat produk kue patiseri dari adonan cair pada peserta didik kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta yang mendapat perlakuan metode ceramah. 3) Perbedaan peningkatan pengetahuan membuat produk kue patiseri dari adonan cair antara peserta didik yang mendapatkan perlakuan dengan metode two stay two stray dan ceramah. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain control group pre-test post-test dengan populasi sebanyak 114 peserta didik dan mengambil sampel sebanyak 72 peserta didik berasal dari kelas X Jasa Boga 2 sebagai kelas kontrol dan X Jasa Boga 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pengetahuan berupa pilihan ganda yang berjumlah 30 soal dengan 5 pilihan jawaban. Untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan pengetahuan membuat produk kue patiseri dari adonan cair yang diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan pengetahuan membuat produk kue patiseri dari adonan cair pada kelas eksperimen setelah perlakuan 2) tidak terdapat peningkatan pengetahuan membuat produk kue patiseri dari adonan cair setelah perlakuan. 3) terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan membuat produk kue patiseri dari adonan cair pada peserta didik kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta antara kelas eksperimen yang sudah diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terpaut 0,6778 dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 18:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item