Pemanfaatan Education Hotel(Edotel) Sebagai Sumber Belajar siswa Program Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta

Fauzan Ari , Kurniawan (2013) Pemanfaatan Education Hotel(Edotel) Sebagai Sumber Belajar siswa Program Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
JURNAL Edotel.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui pemanfaatan Edotel sebagai sumber belajar siswa program kompetensi keahlian akomodasi pehotelan di SMKN 4 Yogyakarta berdasarkan bidang Front Office, 2). Mengetahui pemanfaatan Edotel sebagai sumber belajar siswa program kompetensi keahlian akomodasi pehotelan di SMKN 4 Yogyakarta berdasarkan bidang Housekeeping Desain penelitian menggunakan metode survey,Penelitian dilakukan pada bulan November 2011 hingga April 2012. Tempat penelitian di SMK N 4 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 102 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan proportional random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 78 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan angket dengan nilai koefisien reliabilitas 0,882 yang berarti bahwa instrumen dalam penelitian ini memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Teknik analisis data statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantatif. Hasil penelitian ini adalah : Siswa akomodasi perhotelan di SMK N 4 Yogyakarta, memfokuskan pada dua bidang yaitu : bidang front office dan housekeeping. sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII program keahlian akomodasi perhotelan SMK N 4 yogyakarta.1) Bidang Front office mendapatkan prosentase 70,51% dengan total 55 berada di kategori baik, 21 siswa dengan prosentase 15,39% berada di kategori tidak baik, dan 1 siswa dengan prosentase 1,28% berada di kategori sangat tidak baik, dari 5 indikator yang dilakukan meliputi bidang : layanan pemesanan kamar, pelayanan barang-barang tamu, pelayanan informasi, pelayanan check in dan check out, layanan kasir front office. 2). Bidang Housekeeping mendapatkan prosentaase total (siswa menjawab sangat baik dan baik) 16 siswa dengan prosentase sebesar 20,51%, dan siswa yg menjawab dengan kategori(tidak baik dan sangat tidak baik) sebanyak 62 siswa dengan prosentase 79,49% didapat dari 5 indikator yang meliputi bidang : executive housekeeping, bagian kamar tamu, bagian ruangan umum, bagian linan dan bagian binatu (laundry).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > S1 Pendidikan Teknik Boga
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 27 May 2013 00:56
Last Modified: 27 May 2013 00:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10487

Actions (login required)

View Item View Item