PENGENALAN BILANGAN DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS II MAWAR WIROBRAJAN

Faelina, (2013) PENGENALAN BILANGAN DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS II MAWAR WIROBRAJAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
faelina.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil pengenalan bilangan dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak Kelompok A di TK Gugus II Mawar Wirobrajan. Lokasi penelitian di TK Gugus II Mawar Wirobrajan yang terdiri dari TK ABA Ketanggungan, TK ABA Wirobrajan I, TK ABA Wirobrajan II, TK Bintang Kecil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek 55 anak Kelompok A TK Gugus II Mawar Wirobrajan, terdiri dari 33 anak perempuan dan 22 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah pengenalan bilangan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menghitung skor persentase pengenalan bilangan dan menentukan hasil kedalam kategori baik, sedang, cukup, atau kurang. Indikator penelitian berdasarkan pada Tingkat Pencapaian Perkembangan dalam Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal bilangan termasuk kategori sedang dengan hasil 64%. Rincian hasil penelitian adalah sebagai berikut: menghitung gambar benda termasuk kategori sedang sebanyak 68%, mengenal lambang bilangan termasuk kategori sedang sebanyak 62%, dan mengenal konsep bilangan termasuk kategori sedang sebanyak 61%. Kata kunci: pengenalan bilangan, stimulasi perkembangan kognitif, anak TK Kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 May 2013 08:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item