PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK DALAM PENGENALAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK AISYAH BUSTANUL ATHFAL BLUNYAHGEDE SINDUADI MLATI SLEMAN

Atika Nurjannah, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK DALAM PENGENALAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK AISYAH BUSTANUL ATHFAL BLUNYAHGEDE SINDUADI MLATI SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
atika.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek dalam pengenalan sains terhadap perkembangan kemampuan kognitif anak kelas B TK ABA Blunyahgede Sinduadi Mlati Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas kontrol dan kelas eksperimen dipilih secara random. Kelas kontrol menggunakan metode demonstrasi, dan kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode proyek. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi yang dijadikan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas B1 dan B2, dengan jumlah 54 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data melalui 3 tahap, yaitu uji homogenitas dan uji normalitas yang dihitung menggunakan data pretest. Hasil uji dinyatakan homogen dan berdistribusi normal jika angka sig > 0,05. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan data posttest dengan uji Analysis of Variance (Anova). Hasil uji dinyatakan berbeda signifikan jika angka sig < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan, sebelum penelitian kedua kelas dinyatakan homogen (hasil uji homogenitas 0,8 (p>0,05)), dan uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal (hasil uji normalitas 0,13 (p>0,05)). Hasil uji inferensi dengan Anova One Way menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada materi pertama 0,003 (p < 0,01) dan pada materi kedua 0,006 (p < 0,01). Hasil perbandingan nilai rata-rata posttest menunjukkan materi 1 kelas eksperimen adalah 27,31 dan kelas kontrol 25,49. Dan pada materi 2, kelas eksperimen adalah 26,71 sedangkan kelas kontrol 24,11. Dengan demikian penggunaan metode proyek memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap perkembangan kemampuan kognitif dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan metode demonstrasi. Kata kunci : metode proyek, kemampuan kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 May 2013 08:13
Last Modified: 29 Jan 2019 18:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10432

Actions (login required)

View Item View Item