Studi Komparasi Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran PowerPoint Dengan Media Pembelajaran Modul Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X di MAN 2 YOGYAKARTA Tahun Ajaran 2012/2013

Dani Al Afif Mashdar , Hilmi (2013) Studi Komparasi Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran PowerPoint Dengan Media Pembelajaran Modul Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X di MAN 2 YOGYAKARTA Tahun Ajaran 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil prestasi belajar siswa kelas X yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran modul pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Yogyakarta pada mata pelajaran TIK dengan materi semester II. Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment) dengan Pretest – Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang berjumlah 73 anak, yang terdiri dari kelas Eksperimen dengan 37 anak dan kelas Kontrol dengan 36 anak. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran PowerPoint, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran modul. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal (pretest) dan soal tes kemampuan akhir (posttest). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan distribusi student (t-test), dengan terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan media pembelajaran modul. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan (t hitung (7.874) > t tabel (1.667)) dan nilai rata-rata kelas eksperimen (83.18) > nilai rata-rata kelas kontrol (69.51). Perbandingan ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran PowerPoint dengan siswa yang belajar menggunakan modul, yaitu prestasi belajar menggunakan media pembelajaran PowerPoint lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan modul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10420

Actions (login required)

View Item View Item