HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL, KEBIASAAN BELAJAR, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 1 SEDAYU

Dewi , Wahyuningsih (2013) HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL, KEBIASAAN BELAJAR, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 1 SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kemampuan awal, kebiasaan belajar, pemanfaatan perpustakaan dan prestasi belajar siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu, (2) mengetahui kemampuan awal memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu, (3) mengetahui kebiasaan belajar memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu, (4) mengetahui pemanfaatan perpustakaan memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan desain expost facto (korelasional) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 83 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel dan teknik pengujian analisis korelasi Kendall Tau digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan awal sebagian besar siswa (100%) kelas XI TITL SMK 1 Sedayu termasuk dalam kategori kompeten, kebiasaan belajar sebagian besar siswa (85%) kelas XI TITL SMK 1 Sedayu termasuk dalam kategori cukup, pemanfaatan perpustakaan sebagian besar siswa (75%) kelas XI TITL SMK 1 Sedayu termasuk dalam kategori sedang, prestasi belajar sebagian besar siswa (98%) kelas XI TITL SMK 1 Sedayu termasuk dalam kategori kompeten; (2) terdapat hubungan antara kemampuan awal dan prestasi belajar mata pelajaran produktif di SMK 1 Sedayu, signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,414; (3) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar mata pelajaran produktif di SMK 1 Sedayu, signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,180; (4) terdapat hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dan prestasi belajar mata pelajaran produktif di SMK 1 Sedayu, signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,286.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 18:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10416

Actions (login required)

View Item View Item