PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMKN 1 KEDUNGWUNI

Edy , Ridwansyah (2013) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMKN 1 KEDUNGWUNI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (84Kb) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pemberian reward dalam pembelajaran terhadap aktivitas siswa kelas X kompetensi keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Kedungwuni; (2) mengetahui pengaruh pemberian reward dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Kedungwuni. Desain dari penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Kedungwuni yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah masing-masing kelas 30 orang. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode intact group, dimana sampel yang diambil adalah terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TP1 sebagai kelas control dan kelas X TP2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes dan wawancara. Analisis validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Analisis reliabilitas untuk instrumen lembar observasi aktivitas siswa dihitung dengan rumus Alpha Chronbach sedangkan untuk instrument tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson 20 (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dengan diterapkannya pemberian reward dalam pembelajaran terhadap aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen secara statistik lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu dibuktikan dengan hasil uji-t data aktivitas siswa selama perlakuan yang menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel; (2) Terdapat pengaruh yang positif dengan diterapkannya pemberian reward dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 62,30 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya sebesar 53,17. Selain itu hasil uji-t data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 2,219 lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 2,004.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 30 Apr 2013 01:33
Last Modified: 30 Apr 2013 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10409

Actions (login required)

View Item View Item