PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 6 PURWOREJO

Pram Satyo , Aji (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 6 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap prestasi belajar serta mendapatkan bukti-bukti bahwa penggunaan media pembelajaran bentuk Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran TIK di SMA N 6 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan pembelajaran dengan media pembelajaran Macromedia Flash 8. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata nilai pretest dari kelompok eksperimen dan kontrol didapat bahwa tidak ada pengaruh /perbedaan hasil sebelum pembelajaran/perlakuan. Namun sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 hasilnya jauh lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang tanpa menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 yang dapat ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 6,168 > 2,000. Sedangkan pada kelas eksperimen dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest dan posttest yang dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest < nilai rata-rata posttest yaitu 74,62 < 84,8 yang berarti terjadi peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Jadi hasil uji hipotesis didapat bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2013 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10397

Actions (login required)

View Item View Item