PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN MELAYANI MAKAN DAN MINUM SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK N 4 YOGYAKARTA

Fristian Dwi , Christanty (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN MELAYANI MAKAN DAN MINUM SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK N 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kualitas instrumen penilaian yang harus dikembangkan untuk mengukur aspek kemampuan kognitif dalam Standar Kompetensi Melayani Makan dan Minum (2) Mengetahui kualitas instrumen penilaian yang harus dikembangkan untuk mengukur aspek kemampuan afektif dalam Standar Kompetensi Melayani Makan dan Minum (3) Mengetahui kualitas instrumen penilaian yang harus dikembangkan untuk mengukur aspek kemampuan psikomotor dalam Standar Kompetensi Melayani Makan dan Minum. Penelitian ini dilaksanakan mulai Juni 2012 – April 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan tes baku. Penelitian ini dilakukan di SMK N 4 Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI Jasa Boga dengan penentuan subyek menggunakan teknik single random sampling. Obyek penelitian ini berupa instrumen penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Analisis data dilakukan untuk perhitungan uji coba dan validasi tes. Analisis data telaah teoritis untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan masukan dari validator, telaah empiris untuk aspek kognitif menggunakan program Iteman versi 3.00, telaah empiris untuk aspek afektif menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini adalah :(1) Instrumen penilaian kognitif berupa tes pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban dan jumlah 53 butir soal. Pada penelitian ini diketahui 3 butir soal dinyatakan gugur dan memiliki nilai Alpha sebesar 0,861 sehingga dinyatakan reliabel. Instrumen penilaian kognitif ini dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan. (2) Instrumen penilaian afektif berjumlah 40 butir pernyataan dengan 4 pilihan nilai skala likert yaitu selalu dengan nilai 4, jarang dengan nilai 3, kadang-kadang dengan nilai 2 dan tidak pernah dengan nilai 1. Instrumen ini mendapatkan nilai reliabilitas sebesar 0,867 dan 4 butir pernyataan dinyatakan gugur. Instrumen penilaian afektif ini dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan. (3) Instrumen psikomotor dalam penelitian ini berupa pedoman kegiatan yang harus dilakukan siswa. Instrumen penilaian aspek psikomotor ini melalui tahap validitas dan mengalami beberapa perubahan sesuai dengan saran yang diajukan oleh validator dan juga disesuaikan dengan materi yang diajarkan Instrumen penilaian psikomotor ini dinyatakan valid sehingga layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > D3 Teknik Boga
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 29 Apr 2013 01:21
Last Modified: 29 Apr 2013 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item View Item