“PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JASA BOGA PADA MATA DIKLAT PELAYANAN MAKAN DAN MINUM DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA”

Liza Kurnia , Safitri (2013) “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JASA BOGA PADA MATA DIKLAT PELAYANAN MAKAN DAN MINUM DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA”. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
jurnal liza fix.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Hasil belajar metode pembelajaran ceramah pada mata diklat Pelayanan Makan dan Minum pada kompetensi dasar mengoperasikan peralatan layanan makan dan minum pada materi pembelajaran Teknik Menata Meja Makan. (2). Hasil belajar metode pembelajaran tipe Make A Match pada mata diklat Pelayanan Makan dan Minum pada kompetensi dasar mengoperasikan peralatan layanan makan dan minum pada materi pembelajaran Teknik Menata Meja Makan. (3). Perbedaan hasil belajar Pelayanan Makan dan Minum antara metode pembelajaran ceramah dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas X Jurusan Jasa Boga. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Yogyakarta pada bulan Januari-Maret 2013. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan control group pre test-post test design. Subyek penelitian seluruh siswa kelas X Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta. Sampel penelitian sebanyak 72 subjek yaitu 36 siswa kelas X Jasa Boga 2 sebagai kelas kontrol dan 36 siswa kelas X Jasa Boga 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan simple random sampling. Metode yang digunakan dalam menggumpulkan data adalah tes kognitif. Uji coba instrumen tes menggunakan program Iteman dengan hasil 40 soal dengan 5 pilihan jawaban yang valid dan 5 butir soal yang gugur dari 45 butir soal. Nilai reliabilitas Alpha 0,932. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar dengan metode ceramah siswa kelas X Jasa Boga 2 di SMK Negeri 4 Yogyakarta pada mata diklat Pelayanan Makan dan Minum yaitu dalam proses pembelajaran, guru memberikan materi dengan metode ceramah yang diselingi dengan tanya jawab kepada siswa. (2) Hasil belajar dengan metode Make A Match siswa kelas X Jasa Boga 4 di SMK Negeri 4 Yogyakarta pada mata diklat Pelayanan Makan dan Minum yaitu dalam proses pembelajaran guru membagi kelompok secara heterogen, guru memberikan penjelasan secara garis besar serta contoh alur metode Make A Match, guru menunjuk 2 kelompok untuk memulai berkompetisi, saling berdiskusi dan guru memberi poin. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil Pelayanan Makan dan Minum antara metode pembelajaran ceramah dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta. Peningkatan skor pretest dan pos-test eksperimen yaitu 0,8361 dengan nilai t hitung sebesar 8,798 dengan signifikansi 0,000. Sedangkan peningkatan skor rerata pretest dan post-test kelompok kontrol yaitu 0,0611 dan nilai t hitung sebesar 8,798 dengan signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian kelas yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih efektif meningkatkan kompetensi kognitif (pengetahuan) bila dibandingkan dengan pembelajaran ceramah dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2013 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 18:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item