PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MEMBORDIR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CETAK (BUKU MOTIF) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Eliya , Rochmah (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MEMBORDIR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CETAK (BUKU MOTIF) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Fiki Winur M. 08513241028.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasio penyelenggaraan sistem evaluasi bentuk electronic test menggunakan wondershare quiz creator dan paper test pada materi aplikasi pengolah kata dan untuk mengetahui rasio keefektifan sistem evaluasi bentuk electronic test menggunakan wondershare quiz creator dan paper test ditinjau dari tes hasil belajar siswa pada materi aplikasi pengolah kata di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 212 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X B dan X E, masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan kuesioner (angket) dengan menggunakan empat skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji coba instrumen dalam penelitian ini dilakukan pada kelas X C yang dikenakan evaluasi electronic test dan kelas X F yang dikenakan evaluasi paper test, masing-masing berjumlah 30 siswa yang tidak digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda rata-rata atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada rasio penyelenggaraan sistem evaluasi bentuk electronic test menggunakan wondershare quiz creator dan paper test pada materi aplikasi pengolah kata di MAN 1 Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga thitung sebesar 2,071744 pada taraf signifikansi 5%. Ada rasio keefektifan sistem evaluasi bentuk electronic test menggunakan wondershare quiz creator dan paper test ditinjau dari tes hasil belajar siswa pada materi aplikasi pengolah kata di MAN 1 Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga thitung untuk keefektifan evaluasi sebesar 3,052142 pada taraf signifikansi 5% dan harga thitung untuk perbedaan tes hasil belajar sebesar 2,240424 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2013 02:06
Last Modified: 29 Jan 2019 18:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item