KAJIAN KUAT TEKAN BETON DENGAN PERBANDINGAN VOLUME DAN PERBANDINGAN BERAT UNTUK PRODUKSI BETON MASSA MENGGUNAKAN AGREGAT KASAR BATU PECAH MERAPI (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN SABO DAM)

Yudi, Risdiyanto (2013) KAJIAN KUAT TEKAN BETON DENGAN PERBANDINGAN VOLUME DAN PERBANDINGAN BERAT UNTUK PRODUKSI BETON MASSA MENGGUNAKAN AGREGAT KASAR BATU PECAH MERAPI (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN SABO DAM). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kesiapan kerja, prestasi belajar, dan pengetahuan tentang dunia kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman; (2) peranan prestasi belajar dan pengetahuan tentang dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman, yang meliputi SMKN 1 Seyegan dan SMKN 2 Depok. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 siswa, penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Krecjie-Morgan dengan mengambil tingkat kesalahan (α) sebesar 5%. Untuk pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 83,61. (2) Prestasi belajar siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rerata sebesar 80,84. (3) Pengetahuan tentang dunia kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata sebesar 87,95. (4) Prestasi belajar memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman dengan taraf signifikansi sebesar 0,042 (>0,05), nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,059 > 1,980), dan memiliki sumbangan efektif sebesar 2,2%. (5) Pengetahuan tentang dunia kerja memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,404 > 1,980), dan memiliki sumbangan efektif sebesar 38,2%. (6) Prestasi belajar dan pengetahuan tentang dunia kerja memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (37,255 > 3,083), dan memiliki sumbangan bersama-sama sebesar 40,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2013 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 18:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10374

Actions (login required)

View Item View Item