PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP PENCAPAIAN OMPETENSI PRAKTIK MEMBUAT POLA DASAR SECARA DRAPING PADA MATA DIKLAT MEMBUAT POLA DI SMK N 4 YOGYAKARTA

Alfi , Nurnaini (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP PENCAPAIAN OMPETENSI PRAKTIK MEMBUAT POLA DASAR SECARA DRAPING PADA MATA DIKLAT MEMBUAT POLA DI SMK N 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pencapaian kompetensi praktik membuat pola dasar dengan teknik draping di SMK N 4 Yogyakarta. 2) pengaruh penggunaan media pembelajaran modul terhadap pencapaian kompetensi praktik membuat pola dasar teknik draping pada mata diklat membuat pola di SMK N 4 Yogyakarta. 3) pendapat peserta didik tentang penggunaan media pembelajaran modul dalam model pembelajaran langsung pada mata diklat membuat pola di SMK N 4 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII busana butik SMK N 4 Yogyakarta sebanyak 122 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sampel pada kelas XII busana butik 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dan angket. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu panduan penilaian unjuk kerja kompetensi membuat pola dasar secara draping dan pendapat peserta didik tentang penggunaan media pembelajaran modul pada mata diklat membuat pola di SMK N 4 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri (independen sampel) dan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian kompetensi praktik membuat pola dasar dengan teknik draping kelas non intervensi terdapat pada kategori tuntas sebanyak 56,25 % dari peserta didik, sedangkan pada kelas intervensi kategori tuntas sebanyak 100% dari peserta didik. 2) terdapat perbedaan penggaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian kompetensi praktik membuat pola dasar teknik draping antara kelas intervensi dan kelas non intervensi di SMK N 4 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 10,725 > ttabel 1,67, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media modul dalam pembelajaran membuat pola dasar dengan teknik draping pada kelas XII busana butik SMK N 4 Yogyakarta. Kemudian ditunjukkan pada hasil rerata penilaian unjuk kerja yang diperoleh yaitu untuk kelas intervensi sebesar 88,9 lebih baik dibandingkan rerata kelas non intervensi sebesar 76,41. 3) pendapat peserta didik tentang penggunaan media modul pada kategori baik yang menunjukkan bahwa peserta didik sangat mudah memahami materi, sangat tertarik mengikuti pembelajaran membuat pola dan sangat tidak tergantung pada guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 24 Apr 2013 01:39
Last Modified: 24 Apr 2013 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item