FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XII SMK NASIONAL BERBAH TAHUN AJARAN 2012/2013

MARET ADI , PURWANTO (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XII SMK NASIONAL BERBAH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal ilmiah.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XII SMK Nasional Berbah Tahun Ajaran 2012/2013; (2) Mengetahui seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XII SMK Nasional Berbah Tahun Ajaran 2012/2013. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian expost facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Nasional Berbah yang berjumlah 140 orang, sedangkan sampel yang dibutuhkan adalah 100 orang dengan taraf kesalahan yang digunakan sebesar 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Instrumen kuesioner digunakan sebagai instrumen pokok penelitian, sedangkan instrumen wawancara digunakan sebagai penguat instrumen kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabelitas, deskriptif data dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XII SMK Nasional Berbah tahun ajaran 2012/2013 yaitu faktor internal yang terdiri dari intelegensi sebesar 66,5 (cukup), bakat sebesar 53,5 (kurang), minat sebesar 83(baik), motifasi sebesar 68 (cukup), profil wirausahawan sebesar 72 (cukup) dan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga yang terdiri dari peran orang tua sebesar 56 (cukup), kondisi ekonomi keluarga sebesar 56,5 (cukup), kondisi keluarga/rumah sebesar 49,5. Lingkungan sekolah yang terdiri dari guru sebesar 74 (cukup), alat/media sebesar 38 (kurang), gedung sebesar 59 (cukup), kurikulum sebesar 55,75 (cukup) dan lingkungan masyarakat terdiri dari mass media sebesar 46 (kurang), teman bermain sebesar 56 (cukup), lingkungan tetangga sebesar 64 (cukup) dan aktifitas siswa di masyarakat sebesar 84 (baik).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2013 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10366

Actions (login required)

View Item View Item