EVALUASI PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM DI SMK N 1 SEYEGAN

Muhamad Sakti , Wibawa (2013) EVALUASI PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM DI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses belajar mengajar Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK N 1 Seyegan yang meliputi: (1) kualifikasi guru gambar teknik di SMK N 1 Seyegan; (2) fasilitas dalam pembelajaran Mata Pelajaran Gambar Teknik; (3) partisipasi siswa saat Proses Belajar Mengajar (PBM); dan (4) efektifitas dari PBM Mata Pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan mengadopsi evaluasi model CIPP, akan tetapi tidak diterapkan secara utuh. Dimensi model evaluasi CIPP yang diterapkan hanya dimensi input,proses, dan produk (output). Dimensi lainnya yaitu konteks, tidak diteliti dalam penelitian ini. Responden untuk meneliti kualifikasi guru gambar teknik adalah 3 orang guru yang mengajar Mata Pelajaran Gambar Teknik dan pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi data guru. Sedangkan responden untuk penelitian evaluasi input, proses, dan output adalah siswa Jurusan Teknik Fabrikasi Logam (TFL), kelas TFL 1 dan TFL 2. Pengumpulan data input dan proses menggunakan angket, dan data output menggunakan dokumentasi nilai Ujian Tengah Semester (UTS) siswa. Data kualifikasi guru berupa data kualitatif sehingga dianalisis dengan teknik deskriptif. Sedangkan data kuantitatif pada input, proses, dan output dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Penentuan validitas instrumen menggunakan pendapat dari ahli (judgment experts) dan validitas secara empiris dengan korelasi product moment. Penentuan reliabilitas menggunakan teknik Alfa Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualifikasi Guru Gambar Teknik di SMK N 1 seyegan dinilai berada pada kategori baik; (2) fasilitas dalam pembelajaran Mata Pelajaran Gambar Teknik kelas TFL 1 dan TFL 2 berada dalam kategori cukup baik; (3) partisipasi siswa saat PBM Mata Pelajaran Gambar Teknik untuk kelas TFL 1 dan TFL 2, masing-masing ada pada kategori baik; dan (4) keefektifan dari PBM Mata Pelajaran Gambar Teknik untuk kelas TFL 1 berada pada kategori efektif, dan kelas TFL 2 berada pada kategori kurang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2013 01:18
Last Modified: 29 Jan 2019 18:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item