KAJIAN KUAT TEKAN BETON DENGAN PERBANDINGAN VOLUME DAN PERBANDINGAN BERAT UNTUK PRODUKSI BETON MASSA MENGGUNAKAN AGREGAT KASAR BATU PECAH MERAPI(STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN SABO DAM)

Yudi , Risdiyanto (2013) KAJIAN KUAT TEKAN BETON DENGAN PERBANDINGAN VOLUME DAN PERBANDINGAN BERAT UNTUK PRODUKSI BETON MASSA MENGGUNAKAN AGREGAT KASAR BATU PECAH MERAPI(STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN SABO DAM). D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pengecoran beton massa yang dikerjakan di lapangan untuk rencana waktu yang singkat, kurang praktis bila dilakukan dengan menimbang setiap kebutuhan bahan dalam setiap adukan. Oleh karena itu hasil rancangan mix design beton dalam perbandingan berat dapat dikonversi ke dalam perbandingan volume berdasarkan berat satuan masing-masing bahan penyusun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kuat tekan beton K250 dengan perbandingan berat (PB) dan perbandingan volume (PV) menggunakan agregat kasar batu pecah Merapi sebagai percobaan pendahuluan (trial mix) pada kasus proyek pembangunan Sabo dam. Penelitian ini dimulai dengan pengujian terhadap masing-masing bahan penyusun dan membuat rancangan adukan beton normal berdasarkan SNI-03-2834-1993. Selanjutnya mengkonversi masing-masing kebutuhan bahan menjadi perbandingan volume berdasarkan pemeriksaan berat satuan dengan penakar literan. Pada penelitian ini digunakan ukuran butir maksimum 40 mm. Langkah selanjutnya adalah pembuatan benda uji silinder beton berukuran 150 x 300 mm. Pengujian kuat tekan beton dilakukan pada umur 7 dan 28 hari, dan dievaluasi berdasarkan PBI NI-2 1971 dan SNI 03-2847-2002. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuat tekan rerata beton dengan perbandingan volume (PV) sebesar 38,13 MPa/ K350, sedangkan dengan perbandingan berat (PB) sebesar 35,20 MPa/ K325. Beton dengan perbandingan volume (PV) dan perbandingan berat (PB) memiliki kekuatan yang tidak berbeda jauh. Prosentase selisih kuat tekannya adalah 8,33%, yang mana beton dengan perbandingan volume (PV) lebih tinggi. Sehingga beton dengan perbandingan volume memungkinkan untuk mempermudah pelaksanaan pengecoran beton massa di lapangan.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2013 01:36
Last Modified: 29 Jan 2019 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item