PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK N 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Dimas Nico , Saputra (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK N 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 300 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 40 responden yang merupakan siswa SMK Negeri 2 Klaten. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbach. Ui prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisa data ada dua yaitu analisis regresi sederhana satu prediktor dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx1y (0,425) lebih besar dari rtabel (0,113) pada taraf signifikansi 5%, 2) Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx1y (0,306) lebih besar dari rtabel (0,113) pada taraf signifikansi 5%, 3) Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Guru secara bersama-sama Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga Ry(1,2) (0,463) lebih besar dari rtabel (0,113) pada taraf signifikansi 5%. Selain itu dibuktikan pula dengan harga Fhitung (40,486) lebih besar dari Ftabel (3,02) pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2013 01:48
Last Modified: 29 Jan 2019 18:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10350

Actions (login required)

View Item View Item