UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SUB KOMPETENSI FRENCH SERVICE MELALUI PENGGUNAAN KOMIK PADA SISWA KELAS X JASA BOGA SMK N 1 KALASAN

Mulat , Adityawiranti (2013) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SUB KOMPETENSI FRENCH SERVICE MELALUI PENGGUNAAN KOMIK PADA SISWA KELAS X JASA BOGA SMK N 1 KALASAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
E-JURNAL Mulat Adityawiranti.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui peningkatan pemahaman terhadap materi pembelajaran French Service dalam kompetensi Melayani Makan Minum dengan memanfaatkan Komik sebagai media pembelajaran siswa kelas X Jasa Boga, 2) mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam penggunaan Komik French Service. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan November 2012 – April 2013. Subyek penelitian adalah siswa Kelas X Jasa Boga SMKN 1 Kalasan berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran menggunakan media Komik French Service dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X Jasa Boga di SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian siklus I menunjukkan nilai rerata hasil pre test 7,56, sedangkan pada hasil post test menunjukkan 8,78. Peningkatan pemahaman berdasarkan nilai rerata pada siklus I adalah 1,22. Pada pre test siklus II menunjukkan nilai rerata 6,25, sedangkan hasil post test menunjukkan 8,48. Peningkatan pemahaman berdasarkan nilai rerata siklus II adalah 2,53. 2) Berdasarkan hasil wawancara dengan 30 siswa kelas X Jasa Boga menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi sebagian siswa terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi 4 (empat) siswa menilai warna gambar masih hitam putih dan tulisan kurang besar, sedangkan faktor eksternal yaitu 3 (tiga) siswa yang tidak suka membaca lebih membutuhkan waktu lama dan 1 (satu) siswa menganggap terganggu oleh lingkungan yang ramai. Untuk 22 siswa lainnya tidak mengalami kendala dalam penggunaan French Service.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2013 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 18:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10345

Actions (login required)

View Item View Item