PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X BOGA DALAM MATA PELAJARAN MELAKUKAN PERSIAPAN PENGOLAHAN (MPP) MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SMK NEGERI 1 KALASAN

Fathimah , Nur Zahroh (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X BOGA DALAM MATA PELAJARAN MELAKUKAN PERSIAPAN PENGOLAHAN (MPP) MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SMK NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Fathimah Nur Zahroh-09511241029.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan :1) Mengetahui aktivitas siswa pada mata pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan (MPP) dengan menerapkan metode pembelajaran Make A Match, 2) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa sebelum dan sesudah pembelajaran teori mata pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan (MPP) dengan menerapkan metode pembelajaran Make A Match. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2012 - Maret 2013 di SMK Negeri 1 Kalasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Kalasan berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : 1) Aktivitas siswa pada mata pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan (MPP) dengan menerapkan metode pembelajaran Make A Match yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kalasan mengalami peningkatan antara lain : siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran; siswa terlibat langsung dalam pembelajaran; adanya kerjasama yang baik pada setiap siswa dalam memecahkan masalah; siswa mulai mempunyai keberanian untuk mengutarakan pendapatnya melalui kegiatan presentasi; interaksi antara guru dan siswa terlihat baik serta siswa lebih antusias selama kegiatan belajar mengajar dengan adanya suasana belajar yang menyenangkan. 2) Pembelajaran teori mata pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan (MPP) dengan menerapkan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X Jasa Boga di SMK Negeri 1 Kalasan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil pre test menunjukkan persentase ketuntasan siswa 4 % dengan rata-rata 5,53, sedangkan pada hasil post test menunjukkan persentase ketuntasan siswa mencapai 76% dengan rata-rata 7,91 . Pada pre test siklus II menunjukkan persentase ketuntasan siswa 12 % dengan rata-rata 6,24, sedangkan hasil post test menunjukkan hasil 92% dengan rata-rata 8,79. Persentase peningkatan pada siklus I adalah 72% dan siklus II adalah 80 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2013 01:20
Last Modified: 29 Jan 2019 18:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10344

Actions (login required)

View Item View Item