PERSEPSI GURU SMK 45 WONOSARI TERHADAP PROFESIONALISME GURU BERDASARKAN KOMPETENSI GURU

Fernando, Manurung (2011) PERSEPSI GURU SMK 45 WONOSARI TERHADAP PROFESIONALISME GURU BERDASARKAN KOMPETENSI GURU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
FERNANDO_MANURUNG.PDF

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran persepsi guru SMK 45 Wonosari terhadap profesionalisme guru berdasarkan kompetensi guru. Kompetensi guru yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif atau survei yang dilaksanakan di SMK 45 Wonosari. Obyek penelitian adalah persepsi guru SMK 45 Wonosari terhadap profesionalisme guru berdasarkan kompetensi guru, sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah guru SMK 45 Wonosari. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nomogram Harry King. Instrumen yang digunakan dalam rangka pengumpulan data adalah angket dengan bentuk pernyataan tertutup. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian reliabilitas dilakukan dengan teknik Belah Dua menggunakan rumus Spearman Brown. Kemudian untuk teknik analisis data hasil penelitian dilakukan dengan cara uji kuantitatif dengan penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran persepsi guru SMK 45 Wonosari terhadap profesionalisme guru berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial adalah cenderung sangat baik dengan jumlah 55,32 %. Ditinjau berdasarkan masingmasing aspek kompetensi: (1) berdasarkan aspek kompetensi profesional, gambaran persepsi guru SMK 45 Wonosari terhadap profesionalisme guru adalah cenderung sangat baik dengan jumlah 76,60 %, (2) berdasarkan aspek kompetensi pedagogik, gambaran persepsi guru SMK 45 Wonosari terhadap profesionalisme guru adalah cenderung sangat baik dengan jumlah 59,60 %, (3) berdasarkan aspek kompetensi sosial, gambaran persepsi guru SMK 45 Wonosari terhadap profesionalisme guru adalah cenderung sangat baik dengan jumlah 74,50 %, (4) berdasarkan aspek kompetensi kepribadian, gambaran persepsi guru SMK 45 Wonosari terhadap profesionalisme guru adalah cenderung sangat baik dengan jumlah 87,23 %. Kata kunci: gambaran persepsi guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Jun 2012 01:53
Last Modified: 29 Jan 2019 14:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item