PENGGUNAAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS XI SMA N 1 GODEAN

Bisono Indra , Cahya (2013) PENGGUNAAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS XI SMA N 1 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
[JURNAL]_07520244086_Bisono Indra Cahya.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan aplikasi multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash dan membandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan aplikasi media pembelajaran pada materi topologi jaringan komputer kelas XI SMA Negeri 1 Godean. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI semester 1 di SMA Negeri 1 Godean, yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimental. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan purposive sampling. Uji validitas dan reliabilitas butir soal berdasarkan penilaian para ahli (Judgement Expert) dan menggunakan software ITEMAN dengan sampel sebanyak 30 siswa dari sekolah lain, yaitu siswa SMA N 1 Ngaglik. Teknik olah data menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penggunaan aplikasi media pembelajaran topologi jaringan komputer berbasis macromedia flash lebih meningkatkan hasil belajar siswa daripada pembelajaran yang tidak menggunakan aplikasi media pembelajaran topologi jaringan komputer berbasis macromedia flash. Hal ini dibuktikan oleh uji hipotesis dan nilai gain ternormalisasi. Uji hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar 7,460 sedangkan ttabel adalah 1,997. Karena nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan untuk nilai gain ternormalisasi, kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen adalah g = 0,866 atau masuk kategori baik dan pada kelas kontrol g = 0,687 atau masuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2013 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item