PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA SATU SAMPAI SEPULUH MELALUI BERMAIN KOIN KARTU DI KELOMPOK A1 TK ABA KETANGGUNGAN YOGYAKARTA

Siti Fathonah, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA SATU SAMPAI SEPULUH MELALUI BERMAIN KOIN KARTU DI KELOMPOK A1 TK ABA KETANGGUNGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
siti fatonah.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung angka satu sampai sepuluh melalui bermain koin kartu di Kelompok A1 TK ABA Ketangungan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan M. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelompok A1 TK ABA Ketangungan Yogyakarta, yang berjumlah 19 anak, terdiri dari 7 siswa putra dan 12 siswa putri. Obyek penelitian adalah kemampuan berhitung angka satu sampai sepuluh. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi langsung menggunakan lembar observasi. Data yang telah terkumpul di analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah menggunakan koin kartu dapat meningkatkan kemampuan berhitung satu sampai sepuluh di kelompok A1 TK ABA Ketanggungan, Peningkatan tampak pada hasil pengukuran. Pada kondisi awal jumlah siswa yang kemampuan berhitungnya baik hanya sejumlah 5 anak (26,32%), setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi sejumlah 7 anak (36,842%) dan meningkat menjadi 15 anak (78,947%) pada siklus II. Hal ini dapat dilihat pada siklus I anak sudah mampu berhitung 1-10 tanpa ada gambar dan angka pada koin kartu, serta anak mampu menghitung gambar dan angka 1-10 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2013 03:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item