PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Hertali Vita , Pramanta (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengatahui hasil keterlaksanaan penerapan metode resitasi, mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa, mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa, dan mengetahui perubahan guru saat mengajar yang diterapkan pada mata pelajaran kelistrikan otomotif. Proses penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan pada mata pelajaran kelistrikan khususnya baterai. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). PTK terdiri dari empat tahapan yang dilaksanakan secara berurutan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. PTK dapat dilaksanakan melalui beberapa siklus tergantung kebutuhan. Pada penelitian ini, dilakukan dengan dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas kontrol dan X TKR 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 39 siswa. Pelaksanaan siklus satu direncanakan berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilaksanakan, dan pengamatan yang dilakukan secara langsung di dalam kelas oleh dua observer yaitu peneliti dan mahasiswa PPL. Aspek yang diamati dalam pelaksanaan penelitian adalah aktivitas siswa, prestasi siswa, dan aktivitas guru. Setelah pelaksanaan siklus kesatu selesai, dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus kedua yang perencanaannya dibuat berdasarkan hasil refleksi pada siklus kesatu, yang bertujuan memperbaiki hasil yang telah didapatkan pada diklus kesatu. Setelah penelitian selesai dilaksanakan, dilakukan pengolahan data, baik data yang berupa nilai maupun berupa catatan lapangan dari kedua kelas sehingga dapat dimunculkan perbandingan hasil yang didapat dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kelas eksperimen yang proses belajar mengajarnya menggunakan metode resitasi mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Namun masih ada beberapa kekurangan yang muncul sehingga hasil dari penerapan metode resitasi belum mendapatkan hasil yang maksimal. Kekurangan yang muncul diantaranya kurangnya alokasi waktu yang digunakan untuk proses penerapan metode resitasi, belum adanya interaksi yang cukup antara guru dan siswa pada saat mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2013 02:25
Last Modified: 29 Jan 2019 18:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10322

Actions (login required)

View Item View Item