UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNIK SEPEDA MOTOR DENGAN PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Toto , Ernawan (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNIK SEPEDA MOTOR DENGAN PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode curah pendapat pada mata diklat Teknik Sepeda Motor kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menggunakan metode curah pendapat. Tahapan yang dilakukan dalam PTK yaitu planning, acting, observing dan reflecting. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI TKB SMK Muhammadiyah Prambanan dengan jumlah 35 siswa pada mata diklat Teknik Sepeda Motor. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, planning siklus I berdasarkan studi pendahuluan, acting dikelas dengan memberikan metode curah pendapat, observing aktifitas belajar dan hasil belajar siswa selama penggunaan metode curah pendapat pada siklus I, kemudian merefleksikan hasil penelitian. Planning siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus pertama, acting dikelas dengan memberikan metode curah pendapat, observing aktifitas belajar dan hasil belajar siswa selama penggunaan metode curah pendapat pada siklus II, kemudian merefleksikan hasil penelitian. Aspek yang diteliti adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diukur dengan melaksanakan pretest pada awal pertemuan dan mengadakan posttest pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa pada siklus I, 27 siswa (77,4%) memperoleh nilai ≥ 70,00, siklus II semua siswa (100%) memperoleh nilai ≥70,00. Peningkatan hasil belajar pada siklus I adalah 40%, siklus II adalah 62,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2013 01:00
Last Modified: 29 Jan 2019 18:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10316

Actions (login required)

View Item View Item