PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN JOB SHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA CELANA ANAK KELAS X BUSANA 2 DI SMK N 6 PURWOREJO

Nur , Ikomah (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN JOB SHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA CELANA ANAK KELAS X BUSANA 2 DI SMK N 6 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL Nur Ikomah .pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) hasil belajar membuat pola celana anak sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan job sheet siswa kelas X Busana 2 Jurusan Tata Busana di SMK N 6 Purworejo; 2) hasil belajar membuat pola celana anak sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan job sheet siswa kelas X Busana 2 Jurusan Tata Busana di SMK N 6 Purworejo, 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan job sheet terhadap hasil belajar membuat pola celana anak siswa kelas X Busana 2 Jurusan Tata Busana di SMK N 6 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian Pre-Eksperimental Design tipe one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa X Jurusan Tata Busana SMK N 6 Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sampel sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan tes, lembar observasi, penilaian unjuk kerja dan media job sheet. Validitas instrumen lembar observasi, penilaian unjuk kerja dan media job sheet diuji menggunakan validitas konstrak dengan judgment experts dan validitas instrumen tes diuji menggunakan validitas isi yang kemudian dilakukan uji coba kepada 31 siswa dengan menggunakan rumus Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan pengujian internal consistency dengan rumus KR-20 untuk tes dan rumus Alpha Cronbach untuk penilaian sikap, penilaian unjuk kerja dan media job sheet. Uji normalitas menggunakan rumus Kolomogorov-Smirnov dan uji homogenitasnya menggunakan uji F. Untuk analisis data menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar membuat pola celana anak sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan job sheet diperoleh rata-rata nilai sebesar 65,113; dengan dinyatakan tuntas sebanyak 4 siswa ( 12,8%) dan dinyatakan belum tuntas 27 siswa (87,2%). 2) hasil belajar membuat pola celana anak sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan job sheet diperoleh rata-rata nilai sebesar 83,726; dengan dinyatakan tuntas sebanyak 31 siswa ( 100%). 3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan job sheet ditunjukkan oleh hasil uji t diperoleh T hitung > Ttabel T hitung 24,859 > Ttabel 2,042 dan nilai P dibawah 0,05 (0,000 < 0,05),dengan dk = 30. Hal ini menunjukkan bahwa t= 24,859 (25%) kompetensi membuat pola celana anak siswa kelas X Busana 2 Jurusan Tata Busana di SMK N 6 Purworejo dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan job sheet.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2013 00:41
Last Modified: 29 Jan 2019 18:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item