Ina YaniNurAiniy, (2013) PEMBELAJARAN KOMPUTER KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
ina.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan proses pembelajarankomputer yang meliputiperencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktorpendukungdanpenghambatsertaupaya guru dalammengatasihambatanpadapembelajarankomputerkelompok B di Taman Kanak-KanakNegeri 2 Yogyakarta. Subjekpenelitianiniadalahanakkelompok B1 yang berjumlah 24 anak di Taman Kanak-KanakNegeri 2 Yogyakarta denganusia 5-6 tahun. Teknikpengambilansampeldilakukandengan sampling acak(random sampling).Tempatpenelitian di ruanglaboratoriumkomputer.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dokumentasidantriangulasi.Analisis data kualitatifpadapenelitianini, aktivitasnyadilakukandenganreduksi data,penyajian data dankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa proses pembelajarankomputerkelompok B di Taman Kanak-KanakNegeri 2 Yogyakarta yaitu: (1) Perencanaanpembelajarankomputerterdiridari:tujuanpembelajaranuntukmengenalkanperangkatkomputerdanfungsinya, memberikanpembelajarankomputer yang menyenangkandengangameedukasi; pemilihanmateridilakukansesuaidengan program semester danusiaanak; metodepembelajarandilakukandenganmetodedemonstrasi, belajarkooperatifdanpenemuanterbimbing; media danruangpembelajaran yang sesuaisertalayakbagianak (2) Pelaksanaankegiatanpembelajarankomputerdilakukandenganalokasiwaktu 60 menit yang terdiridarikegiatanpembuka, intidanpenutup. (3) Penilaiandilakukandenganmetodepengamatandanpercakapansetiaphari, pemberiantugas yang menghasilkankaryaanaksebagaiportofolio. Padasetiapakhir semester pertama, anakakanmenerimaraportpembelajarankomputerdanpadaakhir semester kedua, anakakanmenerimaraportpembelajarankomputerdisertaidengansertifikatpembelajarankomputer. (4) Faktorpendukungyaitu program semester dapatdibuatoleh guru, memilikiperangkatkomputerdanlaboratoriumkomputer. Faktorpenghambatyaitu CD interaktif yang kadangtidaksesuaianakdankurikulum TK, terjadinyapemadamanlistrikdanmatilampumendadakpadasaatprosespembelajarankomputer. (5) Upaya guru mengatasihambatanyaitu guru melakukansurveiterlebihdahulusebelummenggunakan CD interaktif, mengaturalokasiwaktuapabilaadapemadamanlistrikbergilirdanmelakukankegiatanbelajardikelasbilaterjadimatilampupadasaat proses pembelajarankomputer.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 26 Mar 2013 06:51 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10286 |
Actions (login required)
View Item |