MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI KELOMPOK BERMAIN KUNCUP MEKAR GUNUNGSAREN LOR TRIMURTI SRANDAKAN BANTUL

Heni Listyorini, (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI KELOMPOK BERMAIN KUNCUP MEKAR GUNUNGSAREN LOR TRIMURTI SRANDAKAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
heni.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi anak di Kelompok Bermain (KB) Kuncup Mekar Gunungsaren Lor Trimurti, Srandakan, Bantul melalui Bermain Peran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di KB Kuncup Mekar pada bulan September-November 2012. Penelitian ini mengunakan dua siklus. Pada Siklus I bermain peran menjadi dokter, sedang pada Siklus II bermain peran menjadi guru. Masing-masing siklus dalam tindakan dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek yang diteliti adalah anak KB Kuncup Mekar yang berjumlah 15 anak, terdiri dari lima anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Obyek yang diteliti adalah peningkatan kemampuan komunikasi anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil per indikator terjadi peningkatan dari tahap sebelum tindakan yang semula 26,67%, pada Siklus I naik menjadi 53,33%, dan mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 80,00% pada indikator menyebutkan nama diri dengan lengkap. Pada indikator mengungkapkan keinginan secara sederhana dari 20,00% sebelum tindakan, pada Siklus I meningkat menjadi 48,89%, dan pada Siklus II menjadi 82,22%. Pada indikator menceritakan pengalaman yang dialami secara sederhana dari 26,67% sebelum tindakan, pada Siklus I menjadi 51,11%, dan pada Siklus II menjadi 77,89%. Pada indikator menjawab pertanyaan secara sederhana dari 46,67% sebelum tindakan, pada Siklus I menjadi 64,11%, pada Siklus II menjadi 86,67%. Indikator memimpin berdoa di depan kelas dari 33,33% pada tahap sebelum tindakan, pada Siklus I menjadi 44,44% dan pada Siklus II menjadi 77,78%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 26 Mar 2013 06:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item